Tuesday, September 1, 2015

cara membuat video dengan videopad



Perlu diketahui, dalam membuat video dari kumpulan foto, saya menggunakan videopad versi 2.41. Jadi, pastikan kamu menggunakan versi ini agar tidak bingung dalam mengikuti pelajaran tentang cara membuatnya :). Karena versi terbaru, yakni versi 3.00 – 3.12 tampilan utilities dari videopad ini banyak sekali perbedaannya. Tapi, kalau kamu ingin tutorial videopad versi terbaru, silakan request saja via kolom komentar yang telah disediakan. Ok, langsung saja, berikut langkah-langkah cara membuat video dari foto menggunakan videopad 2.41;

Langkah pertama adalah memasukkan foto-foto yang akan dijadikan video dengan cara; klik Add media, pilih foto-foto lalu klik Open. Setelah foto berada dalam kotak dialog File, aktifkan foto dengan cara diklik lalu tekan Ctrl + E atau klik tanda anak panah berwarna hijau yang berada di bawah layar preview sebelah kiri (pengganti Ctrl + E). Cara lain untuk menambahkan foto-foto adalah bermain drag and drop. Drag semau foto yang akan dijadikan video ke kotak dialog Clip. Cara seperti ini, jauh lebih cepat daripada cara sebelumnya.

Tambahkan efek pada masing-masing atau sebagian saja sesuai keinginan kamu dari deretan foto yang sudah ada di dalam timeline (Squanse drag your clip here). Caranya; klik foto – Effect – lalu pilih efek yang dikehendaki. Foto yang sudah diberi efek akan terlihat tanda warna hijau di bagian atas foto.

Supaya hasil video dari foto terlihat lebih bagus, tambahkan transisi pada masing-masing atau sebagian foto yang diinginkan. Caranya; klik foto – Transitions – lalu pilih transisi yang dikehendaki, baru klik Apply. Foto yang sudah diberi transisi akan terlihat tanda warna oranye di foto bagian atas pojok kanan.

Setelah selesai, klik Preview untuk melihat hasilnya dan perhatikan berapa lama durasi video dari foto-foto tersebut. Hal ini kaitannya dengan penambahan audio, karena tanpa audio atau musik, jelas video tersebut akan terkesan aneh dan tentunya menjadi jelek.

Setelah tau durasi videonya, tambahkan musik atau audio dengan cara di drag ke bagian paling bawah, tepatnya berada dalam tulisan (Drag your sound clip here). Lalu potong audio menyesuaikan durasi videonya dengan cara; klik audionya lalu pilih In point yang berada di bawah layar Selected clip preview dan isikan jumlah durasi yang akan dipotong. Saya asumsikan durasi video 3 menit, sedangkan audionya adalah 5 menit, berarti kita memasukkan angkan 2 (dua menit) pada In point lalu klik oke.
Ini semua jika audio tersebut yang akan dipotong bagian yang pertama. Kalau yang akan kita potong bagian yang terakhir, maka cukup klik Out point dan lakukan cara seperti sebelumnya.
Jika sudah sesuai, klik Save movie untuk menyimpan hasil videonya dan ikuti langkah selanjutnya.


EmoticonEmoticon