Thursday, April 11, 2013

cara mengamankan facebook

Cara Mengamankan Dan Mengembalikan Akun Facebook Jika Di Bajak

Category: Tips Dan Trik

Apakah anda mempunyai akun Facebook?? Jika iya, sebaiknya anda perlu mengamankan akun Facebook anda sebaik mungkin, jangan sampai para hacker atau para pembajak mengambil alih akun Facebook anda.

akunfb.jpg

Menurut pakar sekuriti Internet, hacker mampu "menerobos" masuk kebanyakan melalui Facebook Apps, contohnya Apps dan Game. Oleh karena itu, perlu shobat perhatikan dengan baik Apps yang akan diinstall, apakah benar-benar berguna dan bermanfa'at bukan Apps yang berkedok malware.

Berikut Cara Mengamankan Akun Facebook:

1). Aktifkan secure browsing/https untuk semua akun Anda, baik Facebook, Yahoo mail, atau Gmail. Mengaktifkan https akan mengenkripsi semua data yang dikirimkan antara browser Anda dan server penyedia layanan, seperti Facebook, Yahoo mail, atau Gmail, sehingga akan sangat menyulitkan kriminalis untuk menguping lalu lintas data dan kredensial Anda.

Pada menu Facebook, secure browsing dapat diaktifkan dengan cara klik panah ke bawah di sebelah kanan menu (Home), pilih (Account Settings) dari dropdown box untuk memunculkan menu (Account Settings) lalu klik (Security) pada menu di sebelah kiri untuk memunculkan menu (Security Settings) Klik (Edit) pada menu (Secure Browsing) dan centang/tick kotak pilihan (Browse Facebook on a secure connection (https) when possible) klik (Save Changes) dan selesai.

2). Gunakan password yang aman. Jangan password yang mudah ditebak. Kalau bisa gunakan kombinasi huruf besar/kecil, angka/huruf dan tanda baca. Contoh: +*43.;%@ yang penting bisa di ingat. Jangan menggunakan password yang sama untuk beberapa akun Anda. Jika satu akun dicuri akan menyebabkan akun lain ikut tercuri.

3). Jangan jalankan tautan yang tidak Anda ketahui keamanannya dari browser yang sedang Anda gunakan untuk membuka facebook karena cookie yang digunakan untuk membuka akun facebook pada browser Anda, juga akan digunakan untuk membuka tautan yang Anda klik. Jika shobat sudah mengikuti apa yang tertulis di atas, maka kecil kemungkinan facebook shobat di bajak.

Lantas bagaimana jika akun facebook shobat sudah terlanjur di bajak. Tenang di sini saya akan memberi sedikit solusi atau tips mengembalikan akun facebook yang di bajak.

1). Sebisa mungkin, laporkan ke beberapa teman Anda bahwa akun Facebook Anda telah dibajak. Dengan demikian maka teman anda tau bahwa yang menggunakan facebook anda bukan anda.

2). Segera reset password Facebook Anda, caranya dengan mengklik Reset Password Facebook.

3). Jika alamat email facebook shobat sudah diganti oleh si pembajak, minta bantuan selanjutnya, atau shobat bisa klik Ganti Email Facebook

4). Setelah akun facebook berhasil diambil alih, hal pertama yang harus dilakukan..?? Hapus atau un-install aplikasi (Apps) dari page Facebook shobat.

5). Langkah terakhir, sebaiknya lakukan pemeriksa'an menggunakan antivirus, dengan database terbaru, kalo bisa jika tidak dilakukan juga gak apa-apa.

Sekian informasi menurut pengalaman saya pribadi tentang tips ataupun cara Mengamankan Dan Mengembalikan Akun Facebook Jika Dibajak.

Indahnya Bisa Berbagi, Semoga Bermanfa'at.... winksmile


EmoticonEmoticon